Article

Senin , 04 Okt 2021 13:13:00
Tenggorokan Sakit atau Tidak Nyaman?

Sakit tenggorokan adalah rasa sakit, gatal atau iritasi pada tenggorokan yang seringkali memburuk saat Anda menelan. Penyebab paling jarang dari radang tenggorokan (faringitis) adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus sembuh dengan sendirinya.

Radang tenggorokan (infeksi streptokokus), jenis sakit tenggorokan yang jarang terjadi yang disebabkan oleh bakteri, memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah komplikasi. Penyebab sakit tenggorokan lain yang tidak umum mungkin memerlukan perawatan yang lebih kompleks.

Puasa mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum selama 12 jam lamanya, dari pagi menjelang subuh hingga waktu magrib tiba. Bagi sebagian orang, puasa menyebabkan tenggorokan menjadi lebih kering. Saat kondisi kering, tenggorokan menjadi rentan untuk terjadi radang atau iritasi. Orang awam menyebutnya dengan sakit tenggorokan.

Gejala sakit tenggorokan bisa bermacam-macam tergantung penyebabnya. Tanda dan gejala  yaitu:

- Nyeri atau sensasi gatal di tenggorokan

- Nyeri yang memburuk saat menelan atau berbicara

- Kesulitan menelan

- Sakit, kelenjar bengkak di leher atau rahang

- Amandel membengkak, merah

- Bercak putih atau nanah pada amandel

- Suara serak atau teredam

Meskipun infeksi virus di tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, Kamu mungkin akan terganggu dengan gejala yang ada. Untuk meredakan gejala, berbagai pengobatan dapat dilakukan sendiri di rumah. Hindari mengkonsumsi antibiotik tanpa konsultasi serta anjuran dari dokter terlebih dahulu. 

Berikut ini pengobatan sakit tenggorokan yang disertai batuk dan pilek yang dapat Kamu lakukan sendiri di rumah:

  • Air jahe

Kebanyakan orang menggunaka jahe sebagai obat rumahan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Jahe yang diketahui memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengatasi radang atau pembengkakan.

  • Air lemon

Air lemon memiliki fungsi membantu meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dari lemon akan bermanfaat saat tubuh sudah kurang fit.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi sakit di tenggorokan. Kumur air garam dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

  • Menghirup uap

Dengan menghirup uap juga dapat meredakan sakit tenggorokan, dapat menghirup uap dari air panas di ruangan tertup. Namun jangan menghirup uap terlalu dekat dengan sumber air panas karena dapat menyebabkan kulit beresiko terbakar.

  • Gunakan obat Pereda gejala

Degirol bermanfaat untuk mengatasi infeksi di rongga mulut dan tenggorokan, serta mencegah flu dan batuk. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet isap. Dalam setiap tabletnya, Degirol mengandung bahan aktif dequalinium chloride 0,25 mg. Dequalinium chloride adalah obat antiseptik yang berfungsi membunuh kuman penyebab infeksi mulut dan tenggorokan.

 

Pastikan untuk selalu mengkonsumsi yang telah direkomendasikan agar bisa terhindar dari sakit tenggorokan.