Article

Senin , 11 Jan 2021 10:47:22
11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Bikin Napas Jadi "Plong" Kembali
Saat hidung tersumbat, bernapas bisa menjadi sebuah tantangan yang menyulitkan. Tidak hanya itu, suara yang bindeng hingga ingus yang terus keluar dari lubang hidung, juga bisa terjadi akibat hidung tersembut. Sebenarnya, seperti apa cara mengatasi hidung tersumbat yang paling efektif?

Macam-macam cara mengatasi hidung tersumbat

Perlu diingat, keberadaan ingus di dalam hidung bukanlah satu-satunya penyebab hidung tersumbat. Terkadang, peradangan pembuluh darah di sinus juga bisa membuat hidung tersumbat. Kondisi ini terjadi saat Anda mengalami flu, alergi, pilek, atau infeksi sinus.Apapun alasannya, hidung tersumbat harus tetap diatasi, agar aktivitas sehari-hari, menjadi normal kembali. Apa saja cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif?

1. Memasang pelembap udara

Memasang alat pelembap udara atau humidifier menjadi salah satu cara mengatasi hidung tersumbat, yang paling umum. Mesin ini mengubah air menjadi uap, yang bisa melembapkan ruangan.Menghirup udara yang lembap ini, bisa menenangkan iritasi pada jaringan dan pembuluh darah yang bengkak. Alat ini juga bisa mengurangi jumlah lendir di dalam hidung, sehingga pernapasan menjadi normal.

2. Mandi air hangat

Mungkin Anda pernah mendapat saran untuk mandi air hangat, ketika hidung tersumbat. Berterima kasihlah pada orang yang memberikan saran itu. Sebab, mandi air hangat juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat.Uap dari kucuran air hangat itu, bisa menipiskan lendir yang ada di dalam hidung. Itulah sebabnya, mandi air hangat bisa membuat pernapasan Anda menjadi normal lagi.

3. Minum air dengan cukup

Minum air secara teratur bisa membantu Anda untuk tetap terhidrasi. Cara sederhana ini memungkinkan ingus di saluran hidung untuk keluar. Akibatnya, tekanan pada sinus pun berkurang. Saat sinus tak lagi “tertekan”, maka iritasi dan peradangan akan hilang.Jika hidung tersumbat terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan, konsumsi teh hangat atau sup, bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan yang muncul.

4. Membuang ingus

Lebih baik membuang ingus, daripada menariknya kembali ke dalam kepala Anda. Orang yang sedang mengalami hidung tersumbat, cenderung menghirup, ingus yang ada di hidung. Padahal, membuang ingus bisa berdampak lebih baik, dan menjadi cara efektif untuk mengatasi hidung tersumbat.Namun, cara ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, jika membuang ingus dengan tekanan yang kencang, Anda hanya akan “mengirim” dahak pembawa kuman, ke saluran telinga.Tutuplah salah satu lubang hidung Anda, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung, yang tidak tertutup.

5. Menghirup uap hangat dari bawang putih

Bawang putih dipercaya memiliki komponen antibakteri dan antijamur, yang berguna untuk banyak hal, salah satunya sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.Anda bisa menghirup uap hangat dari bawang putih, untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya mudah. Potong saja beberapa suing bawang putih menjadi bagian kecil, kemudian letakkan di dalam panci berisi air dan panaskan.Setelah itu, hiruplah uap serta aroma bawang putih itu. Cara ini dipercaya bisa mengatasi hidung tersumbat yang Anda alami.

6. Menggunakan ekstra bantal saat tidur

Hidung tersumbat bisa membuat Anda sulit bernapas. Akibatnya, tidur pun jadi tidak nyenyak. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk menambahkan 1-2 bantal ekstra untuk menopang kepala Anda.Hal ini dilakukan agar ingus bisa keluar dari lubang hidung Anda, sehingga pernapasan kembali normal.

7. Menggunakan kompres hangat

Tempelkan kompres hangat di dahi dan di atas hidung, untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Untuk membuat kompres hangat, rendam handuk kecil di dalam air panas, kemudian peras hingga tidak ada air yang menetes.Rasa hangat yang diberikan kompres bisa menenangkan nyeri dan meredakan peradangan di lubang hidung.

8. Menggunakan dekongestan

Dekongestan adalah jenis obat-obatan yang digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Jenis obat dekongestan ada dua sediaan, yaitu pil atau semprotan hidung.Beberapa semprotan hidung dekongestan yang umum direkomendasikan meliputi oxymetazoline dan phenylephrine. Jika ingin membelinya dalam bentuk pil di apotek, mintalah pseudoephedrine.Ingatlah, penggunaan obat dekongestan harus dengan pengawasan dokter. Anda disarankan tidak mengonsumsi obat dekongestan selama lebih dari tiga hari, tanpa anjuran dokter.

9. Mengonsumsi antihistamin

Jika hidung tersumbat terjadi akibat alergi, maka obat-obatan antihistamin diperlukan. Obat-obatan antihistamin bisa meredakan pembengkakan pada lubang pernapasan dan melegakan hidung tersumbat.Obat ini bisa menimbulkan efek samping berupa rasa kantuk. Maka dari itu, jangan menggunakannya ketika Anda hendak beraktivitas. Selain itu, penggunaan obat antihistamin juga sebaiknya dengan pengawasan dokter.

10. Minum teh peppermint

Peppermint dan kandungan utamanya, mentol, adalah dekongestan alami yang dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat. Untuk mencobanya, Anda hanya perlu meminum teh peppermint hangat.Untuk membuatnya, seduh satu sendok teh peppermint kering di dalam air mendidih selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan airnya ke dalam cangkir dan minumlah!

11. Coba minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus telah digunakan selama ratusan tahun lamanya untuk mengatasi berbagai kondisi medis. Ternyata, minyak eucalyptus juga dipercaya bisa mengatasi hidung tersumbat.Sebab, menghirup aroma minyak eucalyptus dianggap dapat meredakan peradangan pada lapisan hidung dan membuat napas menjadi "plong" kembali.Untuk mencobanya, Anda hanya harus meneteskan beberapa minyak eucalyptus ke dalam air panas, kemudian hiruplah uapnya!