Article

Selasa , 15 Des 2020 14:45:38
Benarkah Perenang Rentan Terserang Otitis Eksterna?

Otitis eksterna merupakan suatu kondisi kesehatan yang biasa dialami oleh anak-anak, atau orang yang menyukai olahraga berenang. Benarkah perenang rentan terserang otitis eksterna? Yuk, baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Otitis Eksterna, Peradangan pada Saluran Telinga

Otitis eksterna merupakan penyakit infeksi kulit tipis yang membungkus saluran telinga luar. Saluran telinga ini merupakan saluran penghubung antara lubang telinga sampai gendang telinga. Dalam otitis eksterna, peradangan yang terjadi disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Penyakit ini  biasanya akan muncul beberapa hari setelah berenang. Peradangan ini terjadi karena air yang masuk ke telinga dan tidak dikeringkan. Akibatnya, telinga menjadi lembap, serta asam mendukung bakteri dan jamur untuk tumbuh dan berkembang.

Gejala yang Timbul Jika Kamu Mengidap Otitis Eksterna

Gejala yang timbul dan tidak mendapatkan penanganan segera akan membuat kemampuan pendengaran menurun. Gejala umum yang akan timbul jika seseorang mengidap otitis eksterna adalah:

  • Terasa gatal di dalam telinga.

  • Telinga sakit dan sakit akan bertambah parah setelah kamu mengorek telinga atau menekannya.

  • Demam.

  • Adanya benjolan kecil atau bisul pada saluran telinga. Apabila benjolan ini kempis, nanah atau darah akan mengucur dari dalam telinga.

Gejala pada penyakit ini umumnya akan ringan di awal, tetapi akan semakin parah jika infeksi telah menyebar dan tidak segera ditangani.

Penyebab Terjadinya Otitis Eksterna

Otitis eksterna umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus Aureus atau Pseudomonas Aeruginosa. Penyebab lain terjadinya kondisi ini adalah adanya luka pada saluran telinga dalam, membersihkan telinga terlalu keras, adanya benda asing terjebak di dalam telinga, dan penyakit kulit kronis seperti eksim atau psoriasis.

Perenang Rentan Terserang Otitis Eksterna

Kondisi ini terjadi karena kolam renang mengandung banyak bakteri dan merusak lapisan kulit di dalam telinga. Lapisan kulit ini berfungsi mencegah bakteri dan jamur menempel pada saluran telinga, dan menjaga telinga agar tidak terlalu lembap. Infeksi pada otitis eksterna terjadi karena menempelnya bakteri dan jamur pada saluran telinga.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami otitis eksterna, antara lain:

  • Produk perawatan rambut yang tidak sengaja masuk ke dalam saluran telinga.

  • Kotoran telinga yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Kotoran telinga sebenarnya berfungsi untuk melindungi saluran telinga, tapi harus dalam kadar yang pas.

  • Saluran telinga yang sempit. Kondisi ini membuat air terjebak di dalam telinga.

  • Jangan memasukkan sesuatu ke dalam telinga yang bisa menyebabkan lapisan telinga luka atau tergores, karena kondisi ini bisa menyebabkan infeksi.

Untuk itu, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan pelindung telinga saat mandi atau berenang, supaya agar air enggak masuk ke dalam telinga. Selain itu, jaga juga telinga agar tetap kering dan tidak lembap.