Article

Jumat , 13 Nov 2020 14:45:41
3 Penyakit Serius yang Ditandai dengan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan ringan yang sering dialami oleh banyak orang. Ada berbagai penyebab sakit tenggorokan, seperti virus, bakteri, alergi, atau paparan asap. Sebagian besar sakit tenggorokan akan hilang dengan sendirinya melalui pengobatan rumahan seperti berkumur dengan air garam, minum banyak cairan, banyak istirahat dan menggunakan obat bebas dan pelega tenggorokan yang tepat. 

Namun, ketika gejala sakit tenggorokan yang kamu alami tidak kunjung hilang, bisa jadi itu tanda bahwa kamu mengalami kondisi yang lebih serius. Nah, berikut penyakit-penyakit serius yang bisa ditandai dengan sakit tenggorokan. 

Penyakit Serius yang Ditandai dengan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, paparan iritan, sampai cedera. Nah, berikut beberapa penyakit serius yang bisa ditandai dengan sakit tenggorokan:

1. Infeksi Virus

Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Biasanya, sakit tenggorokan akibat infeksi virus seperti ini juga disertai dengan pilek atau batuk. Namun, infeksi virus ternyata juga bisa menimbulkan kondisi yang lebih serius, seperti infeksi kotak suara atau biasa disebut dengan radang tenggorokan. 

Tak hanya itu, infeksi virus juga bisa menyebabkan mononukleosis yang ditandai dengan sakit tenggorokan yang tak kunjung membaik. Gondongan dan herpangina juga penyakit infeksi virus lainnya yang ditandai dengan sakit tenggorokan. 

2. Infeksi Bakteri

Selain infeksi virus, sakit tenggorokan biasa juga sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun, infeksi bakteri yang lebih serius bisa menyebabkan infeksi amandel (tonsilitis), infeksi jaringan di sekitar amandel (abses peritonsilar), peradangan pada epiglotis (epiglotitis), dan peradangan pada uvula (uvulitis). Semua kondisi ini umumnya disertai dengan gejala sakit tenggorokan.

3. Iritan dan Cedera

Sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu sering kali disebabkan oleh bahan iritan atau cedera, seperti:

  • Iritasi tenggorokan akibat udara yang kurang lembap, merokok, polusi udara, teriakan atau drainase hidung ke bagian belakang tenggorokan (post-nasal drip).
  • Asam lambung yang naik ke tenggorokan (GERD). Meskipun GERD sering terjadi dengan mulas, rasa asam di mulut, atau batuk, terkadang sakit tenggorokan adalah satu-satunya gejala.
  • Cedera pada bagian belakang tenggorokan, seperti luka atau tusukan karena terjatuh dengan masuknya benda tajam ke mulut.
  • Myalgic encephalomyelitis/sindrom kelelahan kronis, suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan ekstrem.

Pertolongan Pertama Sakit Tenggorokan

Perawatan untuk sakit tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Sakit tenggorokan biasa umumnya dapat ditangani dengan perawatan sederhana di rumah dan istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh punya waktu untuk melawan infeksi. Berikut pertolongan pertama sakit tenggorokan yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Berkumur dengan campuran air hangat dan 1/2 sampai 1 sendok teh garam.
  • Minum cairan hangat untuk menenangkan tenggorokan, seperti teh panas yang dicampur madu, kaldu sup, atau air lemon hangat. 
  • Dinginkan tenggorokan dengan mengisap es loli atau es krim.
  • Nyalakan humidifier untuk menambah kelembapan pada udara.
  • Istirahatkan suara sampai tenggorokan terasa lebih baik.