Article

Senin , 05 Okt 2020 15:01:52
4 Obat Alami untuk Radang Tenggorokan yang Tak Kalah Ampuh

Radang tenggorokan atau faringitis adalah masalah penyakit peradangan di bagian tenggorokan maupun faring (hulu tenggorokan). Biasanya Anda akan merasa tenggorokan Anda gatal, terasa sakit saat menelan makanan, suara menjadi serak, dan terkadang diikuti dengan batuk. Sebelum Anda minum antibiotik, apakah Anda pernah berpikir untuk mencoba obat alami radang tenggorokan? Selain mengurangi efek antibiotik yang tidak bagus untuk Anda, obat alami radang tenggorokan ini terkenal ampuh. Simak ulasannya.

Apa saja obat alami radang tenggorokan?

1. Minum air putih

Anda tidak percaya bahwa obat alami radang tenggorokan adalah air putih? Hal sederhana ini ternyata sangat bermanfaat untuk Anda. Untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan, sangat perlu untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan cairan.

Minum air putih yang cukup dapat membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda tetap lembap. Air putih juga membantu mengencerkan dahak apabila ada dahak yang kental, dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air hingga warna urin tetap kuning muda atau jernih untuk melindungi Anda dari kondisi dehidrasi.

2. Madu

Anda pasti tidak ragu dengan khasiat cairan manis yang berasal dari serbuk sari bunga ini. Madu memang sangat terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apakah Anda tahu madu juga bisa meredakan sakit tenggorokan?

Anda bisa mencampur satu sendok makan madu dengan air hangat dan minumlah saat pagi hari. Madu bisa mengobati iritasi pada tenggorokan secara alami. Anda harus mencari madu yang asli dan bukan kemasan, karena biasanya kandungan dalam madu kemasan sudah sangat berkurang.

Madu tidak hanya memiliki karakter anti bakteri yang dapat membantu mempercepat pengobatan pada radang tenggorokan. Madu sebagai obat alami radang tenggorokan memiliki peran sebagai osmotik hipertonik, yang dapat menarik air keluar dari jaringan yang meradang. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan serta rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan. Namun, patut diingat  madu sangat tidak dianjurkan untuk anak dibawah umur dua tahun.

3. Lemon

Anda pasti sudah tahu bahwa lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya vitamin C, lemon juga memiliki kandungan astringen yang dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan.

Caranya, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan. Biasanya tenggorokan akan terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan.

4. Garam

Larutan air garam merupakan obat kumur alami radang tenggorokan yang sudah lama populer. Anda hanya membutuhkan satu gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Gunakan air matang yang hangat yang bisa Anda jadikan air kumur.

Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah efektif. Larutan garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan. Garam sebagai obat alami radang tenggorokan juga dapat meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan, serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.