Article

Sabtu , 12 Sep 2020 14:19:47
Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Itu sebabnya, jika ada benda asing masuk ke dalam saluran telinga bisa berakibat fatal. Pasalnya selain bisa menyumbat telinga, hal ini juga menyebabkan iritasi bahkan mengganggu pendengaran untuk sementara waktu. Nah, salah satu benda asing yang paling sering masuk ke dalam telinga adalah serangga. Lantas, bagaimana pertolongan pertama saat telinga kemasukan serangga? Simak tipsnya dalam artikel berikut ini.

Pertolongan pertama saat telinga kemasukan serangga

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat telinga kemasukan serangga.

1. Jangan panik

Untuk bisa mengeluarkan serangga dari telinga, kunci utamanya adalah tenang. Wajar jika reaksi Anda kaget karena merasakan benda asing masuk ke dalam telinga. Pasalnya serangga biasanya menimbulkan suara berderak-derak atau dengung, dan mungkin disertai rasa geli di dalam saluran telinga. Namun, pastikan Anda tetap tenang dan tidak panik agar tidak menimbulkan gerakan yang berlebihan yang bisa menyebabkan serangga makin masuk ke saluran telinga bagian dalam.

2. Jangan masukkan jari atau benda lain ke dalam telinga

Biasanya saat telinga kemasukan serangga orang akan refleks mencoba mengorek atau mengambil serangga tersebut dengan tangan. Namun, untuk mengeluarkan serangga dalam telinga, jangan pernah memasukkan benda seperti pinset atau cotton bud ke dalam telinga. Pasalnya, hal ini justru akan mendorong serangga semakin masuk dan dapat membuat serangga itu menyengat, sehingga menciderai lapisan telinga atau gendang telinga Anda.

3. Miringkan kepala

Saat telinga kemasukan serangga, segera miringkan kepala berlawanan dengan sisi telinga yang kemasukan serangga. Jadi, apabila serangga masuk di telinga sebelah kiri, maka miringkan telinga yang kemasukan serangga menghadap atas.

4. Beri minyak ke dalam telinga

Masih dalam kondisi kepala dimiringkan, tetesi telinga dengan air hangat ataupun minyak yang sifatnya tidak iritatif, misalnya baby oil, minyak mineral, ataupun minyak zaitun. Setelah itu, tarik sedikit daun telinga Anda untuk menghilangkan gelembung udara di dalam telinga selama beberapa detik. Namun, pastikan jika Anda tidak berlebihan saat memasukkan cairan tersebut ke dalam telinga. Cairan yang dimasukkan ke dalam lubang telinga ini berfungsi untuk membunuh serangga yang masuk, sehingga akan lebih mudah untuk mengeluarkannya.

5. Keluarkan serangga dari telinga

Setelah itu miringkan kepala pada sisi yang berlawanan (telinga yang kemasukan serangga diposisikan menghadap bawah) untuk mengalirkan minyak dan air agar keluar dari telinga. Kemudian, perhatikan dengan seksama serangga yang keluar dari saluran telinga Anda. Jika tidak utuh, ulangi langkah sebelumnya hingga semua bagian serangga keluar dari telinga. Setelah serangga keluar dari telinga, jangan lupa, Anda harus melakukan proses pembersihan telinga dengan menggunakan air hangat. Hal ini penting guna mencegah adanya tanda-tanda perdarahan dan mengurangi risiko infeksi pada telinga.

Penting untuk diperhatikan

Jika Anda masih tidak bisa mengeluarkan serangga tersebut sebaiknya jangan dipaksakan. Jika kondisi semakin memburuk, misalnya merasakan sakit di dalam telinga, telinga meradang bahkan membengkak, atau bahkan mengalami kesulitan mendengar, segeralah periksakan telinga Anda ke dokter terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat. Ingat! sebaiknya Anda tidak melakukan tindakan lain di luar dari yang sudah dijelaskan di atas karena bisa membahayakan telinga Anda.