Article

Sabtu , 27 Jun 2020 09:06:49
Berbagai Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan, Dengan dan Tanpa Obat

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang sering muncul. Hal ini membuat Anda merasa sangat tidak nyaman, terlebih lagi saat Anda menyantap makanan. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan ini. Anda mungkin juga perlu meminum obat sakit tenggorokan untuk mengatasinya.

Apa yang menyebabkan sakit tenggorokan?

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Namun, pada umumnya infeksi virus yang menjadi penyebab paling banyak dari sakit tenggorokan.

Infeksi virus bisa Anda didapatkan dari alergi, udara kering, polusi udara, pilek, flu, campak, cacar, dan sesak napas. Sedangkan, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri lebih jarang terjadi. Sakit tenggorokan karena bakteri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes.

Bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan tanpa obat?

Tidak selamanya Anda butuh obat untuk meredakan sakit tenggorokan. Beberapa cara mudah juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan, yaitu:

  • Berkumur dengan air garam hangat. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan ketidaknyamanan. Berkumur air garam hangat juga dapat membantu membunuh bakteri dalam tenggorokan. Bagaimana caranya? Larutkan 1 sendok teh (5 gr) garam dalam 1 gelas (240 ml) air hangat. Kumurlah setidaknya satu kali setiap jam.
  • Minum banyak air. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Cairan dapat membantu meringankan iritasi dan pembengkakan dalam tenggorokan (terutama cairan yang hangat, seperti teh hangat). Cairan juga dapat membuat selaput lendir Anda tetap lembab sehingga lebih mampu melawan bakteri dan alergen yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.
  • Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Juga, hindarilah asap rokok. Rokok dan asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan Anda.
  • Istirahat. Istirahat mungkin adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga Anda bisa sembuh lebih cepat. Juga, jangan lupa untuk mengistirahatkan suara Anda.
  • Menjaga kelembaban udara rumah Anda. Gunakan alat pengatur kelembaban ruangan untuk menghilangkan udara kering yang dapat mengiritasi tenggorokan Anda.

Apa saja obat sakit tenggorokan yang bisa saya gunakan?

Jika cara biasa belum berhasil mengatasi sakit tenggorokan Anda, Anda bisa minum obat sakit tenggorokan tanpa resep dokter. Beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk melegakan tenggorokan adalah:

  • Obat pelega tenggorokan, bisa dalam bentuk obat atau permen keras.
  • Dekongestan atau semprotan hidung steroid jika hidung tersumbat. Obat sakit tenggorokan membuat Anda lebih mudah bernapas dengan cara mengecilkan selaput lendir yang membengkak di hidung. Obat ini juga dapat membantu meringankan pilek yang menyebabkan sakit tenggorokan.
  • Anda juga bisa menggunakan ibuprofen atau paracetamol untuk meringankan sakit. Paracetamol aman digunakan oleh anak.

Namun, yang harus Anda ingat dalam menggunakan obat sakit tenggorokan adalah perhatikan cara pemakaiannya. Baca terlebih dahulu cara pemakaian pada label kemasan, ikuti petunjuk pemakaiannya. Obat sakit tenggorokan ini mungkin tidak aman digunakan oleh anak-anak atau orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda bisa mengambil antibiotik untuk menyembuhkannya. Namun ingat, antibiotik ini harus dengan resep dokter. Antibiotik untuk menyembuhkan sakit tenggorokan karena tidak akan efektif pada virus.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.