Article

Senin , 22 Jun 2020 10:52:29
Tips Menyembuhkan Flu dengan Cepat

Penyakit flu atau influenza kerap menyerang saat musim hujan datang. Ketika satu orang terserang flu, orang yang berada di sekitarnya rentan tertular, terutama bila sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun. Oleh karena itu, penting untuk menyembuhkan flu dengan cepat agar minim terjadi penularan.

Sebenarnya, flu bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bila tetap dibiarkan, penyembuhannya bisa lambat. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan perawatan yang tepat agar flu bisa cepat sembuh. Bagaimana mengobati flu yang tepat dan cepat? Simak ulasan berikut.

7 Tips menyembuhkan flu dengan cepat

Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Penularan flu terjadi melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi mengeluarkan cairan saat batuk, bersin, atau bicara. Secara tidak sengaja, cairan tersebut terhirup orang lain atau melalui bakteri yang menempel pada suatu benda.

Untuk meminimalkan penularan, ada baiknya kita menyembuhkan flu dengan cepat. Anda bisa memulai perawatan untuk flu dari rumah. Berikut tips yang bisa Anda lakukan:

1. Beristirahat di rumah

Saat terkena flu, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus yang menyerang. Oleh karena itu, Anda perlu beristirahat di rumah sementara waktu hingga flu membaik dan cepat sembuh.

Beri tahu atasan Anda di kantor atau guru Anda di sekolah bahwa flu yang Anda derita bisa menular dan Anda membutuhkan istirahat sejak gejala flu sudah mulai terasa.

2. Perbanyak asupan cairan

Ketika terserang flu, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan karena demam yang dirasakan bisa menyebabkan Anda mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, perbanyaklah minum agar flu Anda cepat sembuh.

Tidak harus selalu air putih, Anda bisa menambahkan minum jus buah atau teh dengan madu. Madu diyakini dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk yang merupakan salah satu gejala dari penyakit flu.

Bahkan makan makanan yang berkuah, seperti sup ayam, pun direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu. Hindari pula minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Dengan perbanyak cairan, sistem pernafasan Anda akan tetap terhidrasi dan juga membantu lendir yang kental menjadi lebih cair sehingga bisa dikeluarkan lewat batuk atau diludahkan. Hal ini baik agar lendir tersebut tidak menumpuk di paru-paru yang bisa menyebabkan Anda terkena infeksi.

3. Tidur dengan cukup

Tidur merupakan obat terbaik ketika Anda sedang sakit, termasuk flu. Tidurlah lebih cepat dari biasanya. Bahkan, Tidur siang juga bisa membantu Anda menyembuhkan flu lebih cepat.

4. Konsumsi makanan sehat

Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk bisa menyembuhkan flu, seperti buah-buahan dan sayuran. Makanan yang sehat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar bisa dapat melawan virus flu. Hindari makan makanan yang justru membuat flu Anda semakin parah, seperti es krim.

5. Mandi air hangat

Ketika terserang flu, Anda akan lebih sulit untuk bernapas karena batuk dan hidung yang tersumbat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat napas Anda menjadi lebih mudah, seperti mandi air hangat. Selain itu Anda juga dapat menggunakan bantal yang lebih tinggi saat Anda tidur. Bahkan, bila perlu gunakan humidifier untuk mencairkan lendir di dalam hidung Anda.

6. Beli obat di apotek

Anda dapat membeli obat yang bisa dibeli bebas di apotek agar flu Anda cepat sembuh, seperti antihistamin (obat alergi yang bisa membantu Anda untuk tidur), ekspektoran (obat batuk berdahak), dekongestan (membantu mengurangi hidung tersumbat), pereda batuk (membantu meringankan batuk kering), atau penghilang rasa sakit untuk mengurangi demam, sakit kepala, dan meriang (termasuk ibuprofen dan acetaminophen/parasetamol).

Perlu diingat, jangan berikan aspirin pada anak dan remaja di bawah usia 19 tahun. Hal ini justru dapat mengakibatkan kerusakan pada hati dan otak anak Anda.

7. Konsultasi ke dokter

Bila flu tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter bisa memberikan diagnosa yang tepat atas penyakit yang Anda alami dan juga memberikan obat yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.