Article

Jumat , 29 Mei 2020 11:41:13
Bagaimana Minum Teh Bisa Mencegah Anda Terserang Flu

Ada banyak manfaat minum teh. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung, diabetes, stroke serta penyakit degeneratif lainnya. Teh juga disebut-sebut dapat membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya, ada satu lagi manfaat teh yang mungkin jarang diketahui orang — mencegah flu. Lho, memang apa hubungannya?

Bagaimana minum teh bisa mencegah flu?

Manfaat minum teh ini dilaporkan oleh sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine. Peneliti menemukan bahwa adanya bakteri tertentu dalam usus dapat melawan virus influenza sebelum terlanjur menyebabkan gejala flu. Flu sering ditandai dengan gejala demam, batuk dan sensasi ngilu di sekujur tubuh

Teh mengandung antioksidan alami yang disebut flavonoid. Flavonoid sudah sejak lama dipercaya memiliki sifat pelindung yang membantu dan menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Salah satu peneliti, Thaddeus Stanppenbeck, mengatakan bahwa setidaknya ada satu jenis bakteri baik dalam usus yang bekerja mempercepat pemecahan senyawa flavonoid setelah dicerna untuk meningkatkan fungsi interferon dalam tubuh. Interferon itu sendiri merupakan sebuah molekul yang membantu kerja respon kekebalan tubuh.

Penelitian ini juga menemukan manfaat teh lainnya yang terkait dengan kesehatan pernapasan, yaitu mencegah kerusakan paru yang dapat disebabkan influenza parah. Kerusakan paru seperti ini sering menyebabkan komplikasi serius, seperti pneumonia.

Namun penting untuk diketahui bahwa penelitian di atas masih bersifat terbatas karena hanya dilakukan pada tikus lab. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat memastikan manfaat minum teh ini.

Manfaat minum teh lainnya untuk kesehatan

Mengurangi risiko stroke dan serangan jantung

Analisis yang dilakukan oleh Lenore Arab menemukan bahwa risiko penyakit jantung dan stroke ditemukan lebih rendah pada orang-orang yang rutin minum teh. Teh dilaporka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Karena sifatnya yang dapat menurunkan kolesterol, teh dapat membantu mencegah terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol). Aterosklerosis inilah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

Teh juga dapat melindungi tulang dari risiko osteoporosis.

Mencegah pikun

Teh juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan otak. Suatu penelitian yang mengamati ketajaman memori dan fungsi kognitif otak dari seribu orang dewasa berusia lebih dari 70 tahun mengungkapkan bahwa mereka yang minum teh hijau lebih dari 2 gelas dalam sehari berisiko lebih rendah mengalami pikun. University of Maryland menambahkan bahwa green tea membantu tubuh mengendalikan glukosa darah dan melindungi tubuh dari risiko kerusakan hati.

Mencegah kanker

Beberapa peneliti mempercayai manfaat minum teh hijau dapat mencegah kanker karena mengandung senyawa polifenol bernama catechin yang bersifat antioksidan. Dalam tubuh, catechin dapat mematikan sel kanker.

Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker tertentu termasuk kanker kulit, paru-paru, payudara, kandung kemih, hati, prostat, usus besar dan kerongkongan. Studi ini menunjukkan bahwa senyawa dalam teh dapat membantu menghalangi pembuluh darah untuk memasok darah menuju sel-sel kanker.

Sebagai perbandingan, negara yang rutin mengonsumsi teh hijau lebih seperti Jepang, memiliki persentase penderita kanker yang lebihrendah dibandingkan dengan negara lain yang tidak rutin mengonsumsi teh hijau.