Article

Sabtu , 02 Mei 2020 09:36:08
Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Cuaca yang tidak menentu terkadang berpengaruh pada kesehatan Anda. Apalagi saat musim hujan, berbagai masalah kesehatan seperti flu kerap mengintai Anda. Kabar baiknya, Anda bisa mencegah datangnya penyakit flu dengan rutin minum air putih secukupnya.

Bagaimana rutin minum air putih bisa mencegah flu?

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Kebiasaan minum air putih sudah banyak diketahui memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Konsumsi air putih yang cukup dipercaya akan menjaga setiap sistem di dalam tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Selain bantu memperbaiki kerja organ-organ di dalam tubuh seperti jantung, otak, dan otot, kabarnya minum air putih juga dapat mencegah penyakit flu.

Anjuran minum air putih untuk mencegah flu bukanlah hal baru, Anda mungkin juga pernah mendengar anjuran serupa sebagai cara untuk mengurangi gejala flu seperti pilek. Anggapannya, cairan yang cukup dapat bantu membilas kuman dari tubuh.

Meski belum ada penelitian yang secara jelas mendukung pernyataan tersebut, memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi tetap menjadi salah satu hal yang harus diupayakan untuk menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit.

cara diet air putih

Seperti yang telah diketahui, flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini cukup ringan, tapi sangat mudah menular dari satu ke yang lain terutama pada mereka yang daya tahan tubuhnya cenderung rendah.

Jika Anda rajin minum air putih, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik. Kadar cairan dalam tubuh yang memadai dapat meningkatkan respon kekebalan tertentu yang membuat tubuh Anda bisa melawan virus penyebab penyakit.

Dr. David Lewis, seorang ahli saraf, menjelaskan pada wawancaranya dengan Daily Mail bahwa hidung memiliki mekanisme pertahanan berupa selaput lendir yang ada di dalamnya. Selaput ini berfungsi untuk menjebak kotoran seperti debu dan bakteri, lalu mencegahnya masuk ke paru-paru.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, selaput lendir pada hidung akan ikut mengering, menyebabkan bakteri dan partikel lainnya lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Minum air putih juga bantu masa penyembuhan

dosis vitamin c saat sakit

Khasiat minum air putih tidak hanya mencegah tapi juga membantu bagi mereka yang sedang sakit flu.

Selain minum obat dan berisitirahat yang cukup, minum air putih bisa bantu mempercepat masa pemulihan dengan mengurangi gejala seperti demam, mual, dan muntah-muntah.

Hubungan demam dan dehidrasi menyerupai sebuah siklus. Demam membuat tubuh Anda kehilangan cairan, ketika tidak segera diatasi tubuh akan mengalami dehidrasi, lalu dehidrasi tersebut berujung pada keadaan demam yang memburuk.

Begitu juga dengan gejala mual yang terkadang bisa muncul saat Anda terkena flu. Cairan tubuh yang keluar saat muntah tentunya harus segera diganti dengan meminum air putih yang banyak.

Sakit biasanya membuat nafsu makan seseorang menjadi berkurang. Untungnya, air putih yang tidak memiliki rasa akan tetap diterima tubuh dan akan membuat Anda merasa lebih baik setelahnya.

Seberapa banyak harus minum air dalam sehari?

tidak suka air putih

Biasanya, para ahli menyarankan minum air putih sebaiknya memenuhi dua liter atau delapan gelas per hari. Namun, Anda mungkin terkadang lupa untuk memenuhi anjuran tersebut.

Daripada terus memikirkan target seberapa banyak air yang telah diminum, menenggak air setiap beberapa saat secara bertahap di sepanjang hari mungkin dapat menjadi cara yang lebih baik.

Untuk menangkal dehidrasi, konsumsi setidaknya 1,5 liter juga sudah cukup membantu. Jika bosan, Anda bisa menyelingi dengan makanan lainnya yang kaya akan air seperti buah-buahan.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit ginjal, tiroid, atau sedang mengonsumsi obat yang bersifat menahan air seperti NSAID, pastikan kembali pada dokter Anda seberapa banyak jumlah air yang harus dikonsumsi dalam sehari.