Article

Jumat , 27 Mar 2020 12:23:30
Mengapa Dada Terasa Sakit Saat Batuk? Ini 6 Kemungkinan Penyebabnya

Batuk merupakan suatu kondisi umum yang banyak dialami semua orang. Batuk juga merupakan sebuah gejala yang terjadi ketika sistem pernapasan Anda sedang bermasalah. Maka tak jarang, batuk yang berlebihan bisa berdampak kepada dada dan perut yang ikut sakit. Dada sakit saat batuk kadang juga bisa mengindikasikan berapa penyakit tertentu.

Apa saja yang bisa menyebabkan dada sakit saat batuk dan bagaimana cara meredakannya? Simak penjelasanya di bawah ini.

Beberapa penyakit yang mengakibatkan dada sakit saat batuk

1. Batuk yang berlebihan

Ketika Anda merasa nyeri di dada saat batuk, jangan langsung berpikir aneh-aneh bahwa Anda terkena penyakit yang serius. Bila Anda mengalami batuk yang sering misalnya batuk kering akibat tenggorokan terasa gatal dan sulit berhenti, otot-otot dada bisa mengalami cedera dan terasa nyeri. Kalau memang ini penyebabnya, nyeri dada akan berkurang bila frekuensi batuk berkurang.

2. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi disebabkan oleh virus, terutama virus influenza karena virus ini dapat melemahkan pertahanan paru-paru.  Gejala meliputi demam, menggigil, batuk, sesak napas, nyeri dada, nyeri otot, kelelahan, dan kurang nafsu makan. Perhatikan juga tanda-tanda seperti pilek, iritasi mata, sakit tenggorokan, dan gangguan pada saluran pernapasan luar hingga dada terasa sakit saat batuk.

3. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

Bakteri ini menyebar dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan mengalami infeksi parah di paru-paru mereka. Penyakit ini sangat menular dan gejalanya meliputi demam, kelelahan, kehilangan berat badan, dan tak jarang rasanya dada sakit saat batuk berlebih.

4. Asma

Asma merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran pernapasan. Peradangan ini membuat saluran pernapasan Anda bengkak dan sangat sensitif. Akibatnya, saluran pernapasan menyempit, menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru. Tak jarang, orang yang punya penyakit asma akan merasakan mengi hingga batuk yang bisa membuat dada terasa sakit.

5.  Bronkitis

Bronkitis adalah radang pada lapisan saluran bronkial karena infeksi. Bronkus adalah saluran yang membiarkan udara masuk ke dalam dan keluar dari paru-paru. Pengidap bronkitis sering mengalami batuk lendir yang menebal, dan bisa berubah warna.

Bronkitis akut umumnya terjadi setelah penyakit flu atau pernapasan lainnya. Bronkitis kronis paling sering disebabkan oleh alergi dan asma yang telah menciptakan peradangan jangka panjang di dalam tabung bronkial.

6. Asam lambung

Penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan (saluran yang menghubungkan mulut ke lambung). Pada kondisi ini, bisa terdapat rasa atau sensasi terbakar di daerah dada, atau gejala lainnya seperti batuk bila asam lambung naik (refluks) dan melukai tenggorokan (saluran napas).

Bagaimana cara mengatasi dada sakit saat batuk?

1. Langsung mencari bantuan medis

Rasa nyeri dan terbakar yang menyertai batuk Anda tidak boleh diabaikan begitu saja. Kondisi dada sakit saat batuk bisa menjadi gejala adanya penyakit. Jika batuk dan sakit di dada terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa dan mendiagnosis penyakit Anda. 

2. Pengobatan sementara di rumah

Batuk hingga dada terasa nyeri kadang disebabkan oleh dahak yang sulit keluar di saluran pernapasan Anda. Tak jarang, dahak atau lendir ini butuh dikeluarkan dengan alat terapi uap khusus. Anda pun bisa mengatasi rasa sakit pada dada saat batuk dengan beberapa cara berikut ini:

  • Minum banyak air dan menghirup uap panas untuk mengurangi penumpukan lendir.
  • Menjaga pola makan yang sehat serta menghindari merokok juga akan membantu meredakan penumpukan lendir.
  • Minum madu dicampur teh atau air hangat untuk meredakan batuk serta mengatasi bakteri atau virus dalam tubuh.