Article

Jumat , 29 Nov 2019 11:43:54
Supaya Tidak Tertular Flu Saat Traveling, Cegah dengan 6 Kiat Ini

Melakukan perjalanan jauh tidak hanya membuat tubuh lelah, tapi meningkatkan peluang Anda jatuh sakit. Salah satu penyakit yang biasanya menyerang traveler—orang yang melakukan perjalanan—adalah influenza. Untungnya, penyakit ini bisa dicegah. Apa saja cara tepat mencegah flu saat traveling? Yuk, simak beberapa tipsnya dari beberapa pakar kesehatan berikut ini.

Cara tepat mencegah flu saat traveling

Influenza adalah penyakit yang menyerang saluran napas karena virus yang sangat mudah menular. Orang yang terserang penyakit ini, akan mengalami gejala demam, badan terasa nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat.

Gejala flu yang dialami setiap orang mungkin berbeda tergantung tingkat keparahan, yakni ringan, sedang, hingga parah.

Organisasi kesehatan dunia, WHO, mencatat bahwa sekitar 5-10% orang dewasa dan 20-30% anak-anak terkena influenza, sekitar 290.000 hingga 650.000 di antaranya meninggal dunia karena penyakit ini. Meski dapat mengancam jiwa, orang kerap kali menganggap influenza adalah penyakit yang ringan.

Pada orang yang bepergian, risiko tertular penyakit ini jadi semakin meningkat. Nah, agar Anda tidak terganggu flu saat traveling, ikuti cara mencegah penyakit ini, seperti:

1. Pastikan tubuh sehat sebelum perjalanan

mengingat mimpi

Saat tubuh kelelahan atau tidak enak badan, sistem imun sedang melemah. Itu artinya, pertahanan tubuh sedang menurun dan Anda jadi lebih mudah terserang penyakit. Jika memang sedang tidak sehat, sebaiknya urungkan niat Anda dulu untuk melakukan perjalanan jauh.

Undur rencana Anda untuk bepergian hingga kondisi membaik. Bila perjalanan memang terdesak dilakukan, konsultasi pada dokter lebih dahulu.

2. Selalu sedia obat-obatan umum

Medroxyprogesterone

Cara mencegah flu saat traveling bisa Anda lakukan dengan selalu membawa obat-obatan umum. Ini sangat dianjurkan bagi Anda yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit atau memang memiliki masalah kesehatan tertentu, yang perlu minum obat secara rutin.

Menyegerakan diri untuk minum obat ketika tubuh sedang tidak fit, membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan kembali pulih dengan cepat dan Anda terhindar dari flu.

Beberapa obat dan perlengkapan kebersihan yang perlu Anda bawa dalam perjalanan, meliputi tisu, obat pereda nyeri atau penurun demam, dan hand sanitizer.

3. Pakai masker

Memakai masker agar terhindar dampak dari polusi udara

Selain obat, Anda juga perlu membawa atau bahkan memakai masker sebagai salah satu cara mencegah penularan flu saat traveling.

Virus flu dapat menular dari orang yang sakit ke orang sehat dengan mudah lewat tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

Tetesan liur yang mengandung virus ini bisa terhirup langsung oleh hidung atau menempel di tangan hingga akhirnya masuk ke tubuh.

“Saat berbicara, tertawa, apalagi batuk, partikel virus yang keluar ada berbagai macam ukuran. Virus yang ukurannya besar bisa dicegah dengan memakai masker,” ujar Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, Sp.A(K), PhD, Ketua Indonesian Influenza Foundation, saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11), dalam rangka peringatan Hari Flu Sedunia 2019.

Virus yang ukurannya kecil, memang tetap dapat lolos jika Anda memakai masker biasa, seperti surgical mask. Namun, penggunaan masker setidaknya dapat mengurangi paparan virus, dan lebih baik ketimbang Anda tidak pakai masker sama sekali.

4. Pastikan cukup minum dan makan makanan yang bernutrisi

minum es setelah makan

Cara mencegah flu saat traveling selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencukupi asupan cairan dan makanan bergizi. Air dan makanan yang sehat dan mencukupi dapat membantu organ bekerja dengan normal sehingga bisa memperkuat sistem imun melawan virus.

Selain itu, asupan air dan makanan sehat yang cukup juga bisa menghindari Anda dari dehidrasi atau sembelit yang rentan terjadi selama melakukan traveling.

5. Cuci tangan dan hindari kebiasaan menyentuh wajah

Cuci tangan untuk mencegah virus penyebab hepatitis A

Virus flu yang dapat berpindah lewat tetesan air liur ini bisa menempel di sekitar Anda, salah satunya gagang pintu. Agar virus tidak masuk ke mulut, cuci tangan Anda dengan sabun dan bilas hingga bersih dengan air mengalir.

Kebiasaan sehat ini perlu Anda lakukan sebelum makan, sesudah menggunakan toilet, atau ketika Anda merasa tangan kotor. Selain itu, paparan virus di dalam tubuh juga bisa Anda kurangi dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

6. Lakukan vaksin influenza

vaksin flu mencegah flu perut

Cara terampuh untuk mencegah penularan flu saat traveling adalah mendapatkan vaksin influenza. Vaksinasi harus Anda lakukan selambatnya 2 minggu sebelum melakukan perjalanan.

Jika dilakukan kurang dari 2 minggu, vaksin tidak akan bekerja secara maksimal untuk menangkal virus. Namun, perlu Anda ketahui bahwa vaksin influenza memiliki batas waktu, yakni satu tahun. Jadi, Anda perlu melakukan vaksin lagi di tahun depan.

“Respons imunitas tubuh terhadap vaksinisasi menurun seiring waktu sehingga vaksin influenza harus dilakukan setahun sekali untuk proteksi yang lebih optimal. Selain itu, strain virus flu juga dapat berubah setiap, sehingga formulasi vaksin harus disesuaikan setiap tahunnya,” jelas Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia dalam kesempatan yang sama.