Article

Jumat , 01 Nov 2019 16:26:20
5 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Saat hidung tersumbat, bernapas bisa jadi suatu tantangan berat. Apa pun penyebabnya — alergi, pilek, atau flu — sulit bernapas dapat membuat Anda cepat lelah dan kepayahan.

Banyak orang yang mengira bahwa hidung tersumbat adalah akibat dari penggumpalan lendir di saluran hidung. Tapi, hidung tersumbat sebenarnya disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

“Hidung memiliki jaringan pembuluh darah berkatup yang luas dan bisa membuka-tutup,” ujar Scott P. Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center dan kepala direksi Rhinology and Paranasal Sinus Committee of the American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. Saat hidung mengalami iritasi, sistem sarafnya juga terstimulasi, menyebabkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, semakin banyak darah yang mengalir ke dalam hidung. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit untuk bernapas.

Selain obat-obatan, seperti dekongestan, ada beberapa cara lain untuk meringankan hidung tersumbat.

1. Matikan AC dan kipas angin

Udara hangat dan lembap adalah cara tercepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan meredakan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung, juga mengencerkan lendir dalam sinus.

Alternatifnya, Anda bisa lakukan sauna wajah. Caranya, condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas, gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai membuat tirai yang memerangkap uap dari mangkuk, kemudian hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda bisa bernapas dengan lega.

2. Minum banyak air

Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Untuk variasi, Anda bisa minum teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung agen antiseptik dan dekongestan alami untuk memudahkan pernapasan.

3. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih, juga ditemukan dalam banyak salep dan balsem, dapat membantu mengencerkan lendir akibat hidung tersumbat. Caranya condongkan wajah Anda hingga berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala Anda sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit.

Minyak kayu putih terbukti secara ilmiah sebagai alternatif rumahan yang bisa membunuh beberapa jenis bakteri penyebab hidung tersumbat, seperti infeksi sinus.

4. Semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazoline)

Semprotan saline menyediakan kelembapan ekstra yang dibutuhkan oleh hidung tersumbat. Larutan saline akan mengencerkan lendir dan mengurangi hidung tersumbat. Untuk lebih cepat memberikan efek lega pada hidung tersumbat, kurang dari 10 menit, gunakan dekongestan topikal/ oxymetazoline.

Semprotan saline atau dekongestan topikal dijual bebas di apotek. Sebelum menggunakan semprotan saline atau dekongestan topikal, diskusikan terlebih dulu dengan dokter Anda. Efek sampingnya bisa saja muncul atau bisa memperparah gejala hidung tersumbat jika digunakan lebih dari tujuh hari.

5. Kunyah bawang putih

Bawang putih mengandung agen antibakterial dan antijamur yang berguna sebagai penyembuh berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung tersumbat akibat demam dan flu.

Temuan dari sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa partisipan yang diberikan suplemen bawang putih selama 12 minggu berturut-turut selama musim flu lebih jarang mengalami flu daripada partisipan yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih.

Mungkin mengunyah bawang putih mentah terdengar menakutkan bagi Anda. Untuk menyiasatinya, tumis 1-2 siung bawang putih dan tambahkan pasta atau sayur-sayuran. Atau, Anda bisa menambahkan beberapa irisan atau tumbukan satu siung bawang putih ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.