Article

Kamis , 27 Jun 2019 16:19:51
Saat Radang Tenggorokan, Perbanyak Konsumsi 8 Makanan Enak Ini

Saat radang atau sakit tenggorokan, selera makan justru menurun. Padahal, asupan nutrisi sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan tubuh.

Jika tidak menyukai rasa obat, beberapa makanan enak berikut ini akan membatu mengatasi radang tenggorokan. Mulai dari madu hingga jahe yang bisa lawan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

1. Es lolly buah

Es lolly buah dapat meredakan radang secara instan. Namun yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan yang digunakan. Pastikan es tidak mengandung bahan pewarna dan pemanis buatan. Jika khawatir dengan es yang dibeli, buatlah sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Gunakan buah kaya antioksidan seperti blueberry, delima, dan jeruk. Anda juga bisa menambahkan sayuran hijau dengan mencampurkan bayam dan kiwi.

2. Sup kaldu dengan bawang, kunyit, dan lada hitam

Sup kaldu akan memberikan rasa nyaman dan uapnya akan membantu melegakan pernafasan. Sup kaldu juga mengandung nutrisi dan antioksidan yang menyehatkan. Tambahan bawang putih akan membantu meredakan inflamasi dengan kandungan antibakteri dan meningkatkan imun tubuh. Tambahkanlah kunyit pada sup kaldu untuk memperoleh zat kurkumin yang menekan inflamasi. Kinerja kurkumin akan lebih efektif jika ditambahkan zat piperin yang dapat diperoleh dari lada hitam.

3. Ubi dan kayu manis

Ubi memiliki dua zat utama dalam meningkatkan sistem imun tubuh yakni vitamin A dan C. Ubi juga mengandung antioksidan dan zat anti inflamasi. Teksturnya yang lembut juga nyaman untuk dikonsumsi saat radang tenggorokan. Tambahan bubuk kayu manis bukan hanya menambahkan rasa, tetapi juga membantu melawan virus, bakteri, dan jamur pada tubuh. Campurkanlah adonan ubi tumbuk dengan rempah, dan madu.

4. Teh chamomile dan lemon

Teh chamomile terkenal dengan khasiatnya yang mampu menenangkan tubuh. Kandungannya ini membantu Anda tidur lebih mudah dan tentunya mempercepat pemulihan. Jika Anda juga demam, kandungan spasmodik pada chamomile juga akan membantu meredakannya. Tambahkan irisan lemon pada teh chamomile untuk meningkatkan kandungan vitamin C dan antioksidan.

5. Jahe

Jahe merupakan sumber yang baik untuk zat anti inflamasi. Kandungan ini mampu melawan virus dan bakteri yang menyebabkan radang. Jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, tambahkan irisan jahe pada popslice atau teh, atau campurkan dengan oatmeal dan smoothie.

6. Madu

Jika radang disertai dengan batuk, madu paling tepat untuk meredakannya. Bahan manis alami bukan hanya kaya akan zat anti inflamasi dan anti bakteri, khasiat madu setara dengan obat batuk. Jika Anda lebih suka bahan organik, madu Manuka atau raw honey dapat menjadi pilihan karena mengandung kualitas antibiotik yang tinggi. Tambahkan madu pada teh atau oatmeal, atau minumlah secara langsung.

7. Oatmeal dan pisang

Antioksidan dan magnesium pada oat akan mengurangi inflamasi dan kandungan zinc nya akan memperbaiki imun tubuh. Seratnya juga mengenyangkan dan mudah dicerna. Tambahkan pisang pada oatmeal untuk kandungan vitamin C dan antioksidan.

8. Smoothie

Smoothie dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian jika dibuat dengan bahan yang lengkap. Protein, lemak baik, karbohidrat, dan vitamin terkandung di dalamnya sesuai buah atau sayur apa yang digunakan. Teksturnya yang lembut juga nyaman di telan meskipun tenggorokan Anda nyeri.