Article

Rabu , 26 Jun 2019 14:55:52
4 Cara Mudah untuk Melindungi Telinga Anda dari Suara Bising

pendengaran dan jendela dunia yang penting dalam tubuh Anda. Dengan telinga kita bisa mendengar dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar. Tentu tidak ada yang mau punya masalah telinga dan pendengaran di usia 20-30an, dong, termasuk saya. Masih muda, segar, sehat, tapi budek, ups! Sayangnya, seringkali Anda suka lupa untuk menjaga pendengaran dan terbawa oleh lingkungan yang tanpa sadar menciptakan suara bising yang dapat merusak fungsi telinga.

Tapi tenang saja, sebab ada 4 cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk melindungi pendengaran dari sumber kerusakan, baik dari diri sendiri atau lingkungan sekitar.

1. Kenali tingkat kebisingan sekitar
Anda bisa mengunduh aplikasi seperti Sound Meter atau Noise Hunter dan menggunakannya untuk melacak tingkat desibel atau kebisingan di sekitar Anda. Misalnya ketika Anda pergi ke bar, kelas olahraga, atau konser musik. Jadi, ketika suara yang dipaparkan melebihi batas normal, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

2. Atur volume
Masih tidak bisa jauh dari musik selama perjalanan ke kantor? Sama, dong! Saya juga begitu. Tapi saya masih bisa mendengar musik di perjalanan, lho. Caranya adalah dengan mengikuti aturan 60:60, yaitu mengatur volume musik saya tidak boleh lebih dari 60 persen. Silahkan ditiru!

3. Ganti dengan headphone
Nah, kalau ini saya masih dalam proses transisi. Sebab ternyata memakai earbud itu sangat tidak disarankan. Suara jadi langsung masuk ke dalam gendang telinga dan membuat indera tubuh ini menderita. Jadi, sebaiknya ganti dengan headphone karena dapat meredam suara di sekitar sehingga sumber suara yang didengar jadi lebih jelas, juga tidak 'menyerang langsung' ke gendang telinga. Saat memilih headphone, perhatikan rating reduksi kebisingan atau NRR yang tertera paling sedikit 9.

4. Pakai ear plug
Selalu bawa ear plug, terlebih ketika Anda menonton konser musik. Ear plug tidak hanya digunakan oleh penyanyi dan kru band yang mendampingi, lho. Anda juga perlu demi meminimalisasi efek suara yang bising sepanjang acara. Saat menggunakan ear plug pastikan Anda mengikuti instruksi pemakaian yang benar, jika tidak maka percuma saja.