Article

Rabu , 12 Jun 2019 14:26:09

Mulai Susah Mendengar, Ini Waktu yang Tepat Datangi THT

https://klinikrespirasimalang.com/images/berita/120619-Pendengaran-terganggu.jpg

Image : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/mulai-susah-mendengar-ini-waktu-yang-tepat-datangi-tht-halodoc.jpg

Kesehatan telinga perlu dijaga agar pendengaran tetap optimal. Jika tidak, kamu berisiko mengalami infeksi telinga yang pengaruhi kemampuan mendengar. Kesehatan telinga yang baik membantu proses mendengar, mencium aroma, berbicara, dan makan.

Itu sebabnya kamu perlu memeriksakan diri ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) jika ada gangguan pada telinga.

Mengenal Dokter Spesialis THT

Dokter spesialis THT berfungsi menangani masalah kesehatan hidung, telinga, dan tenggorokan. Ini termasuk penyakit alergi, sinus, tumor kepala, tumor leher, dan gangguan tenggorokan yang bisa ditangani oleh dokter THT.

Biasanya dokter umum merujuk ke dokter THT jika ada gangguan pada celah langit-langit mulut (sumbing) dan kelainan tulang hidung. Agar lebih jelas, berikut gangguan yang bisa ditangani oleh dokter THT:

  • Gangguan keseimbangan, dideteksi melalui tes darah, tes pendengaran, serta tes gerakan bola mata dan otot. Serangkaian tes ini dilakukan untuk memastikan penyebab gangguan keseimbangan yang muncul. Gangguan ini disebabkan karena infeksi atau peradangan bagian dalam telinga sehingga menyebabkan pusing dan mengganggu keseimbangan tubuh.

  • Laringitis, yaitu pembengkakan pada dinding organ laring yang bersifat akut maupun kronis. Gejalanya berupa suara serak dan nyeri di bagian depan leher. Laringitis disebabkan karena asam lambung, reaksi alergi, hingga cedera leher.

  • Sinusitis, yaitu pembengkakan jaringan sinus yang terletak dekat hidung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi flu, rinitis alergi, polip hidung, dan kelainan tulang hidung.

Selain tiga penyakit di atas, dokter THT juga bisa menangani gangguan tidur (seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur), serta gangguan di leher dan kepala.

Waktu yang Tepat ke Dokter THT

Kamu tidak boleh sembarangan ke dokter THT karena tidak semua penyakit bisa ditangani. Penanganan dokter THT dilakukan bila sudah mendapatkan rujukan dari dokter umum, karena kondisi cukup serius atau membutuhkan penanganan lebih lanjut seperti operasi. Jika kamu mengalami hidung tersumbat, penciuman terganggu, telinga berdengung, pendengaran terganggu, sulit menelan, dan tidur mendengkur, datangi dokter THT terdekat. Namun biasanya, kamu perlu ke dokter umum terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi yang dialami membutuhkan penanganan khusus dokter THT.

Membersihkan Telinga Bisa Dilakukan di Dokter THT

Membersihkan telinga pakai cotton bud meningkatkan risiko infeksi dan merusak pendengaran. Maka itu, kamu dianjurkan membersihkan telinga ke dokter THT untuk menjaga kebersihan dan kesehatan telinga.

Biasanya dokter THT membersihkan telinga menggunakan sendok serumen, forceps (semacam penjepit), hingga alat penyedot khusus (suction). Ketiga cara ini ditentukan sesuai kondisi telinga seseorang.

Perlu diketahui hanya bagian luar telinga yang boleh dibersihkan sendiri, yakni menggunakan lap basah atau minyak zaitun dan baby oil. Sedangkan untuk bagian dalam telinga, gunakan obat tetes khusus untuk mencairkan kotoran telinga yang menumpuk atau ke dokter THT.

sumber : https://www.halodoc.com/mulai-susah-mendengar-ini-waktu-yang-tepat-datangi-tht