Article

Rabu , 29 Mei 2019 12:33:42

Mengapa Telinga Terasa Mampet Saat Flu?

https://klinikrespirasimalang.com/images/berita/telinga-terasa-mampet.jpg

Image : https://www.cdc.gov/flu/images/homepage/prevent2.png

identik dengan batuk, pilek, serta demam. Namun satu gejala lain yang sering kali terlupakan bahkan diabaikan adalah telinga yang terasa seperti mampet atau tersumbat. Kondisi ini bahkan kadang membuat pendengaran menjadi menurun. Namun. mengapa sebenarnya telinga terasa mampet saat Anda flu?

Telinga mampet karena flu

Secara anatomis, telinga terhubung dengan tenggorokan melalui sebuah saluran bernama tuba eustachius. Saat seseorang flu, lapisan dalam telinga tengah dapat meradang jika gejala flu tak sembuh setelah beberapa hari.

Proses radang ini kemudian dapat menyebabkan bengkaknya saluran tersebut, sehingga diameternya menyempit bahkan tertutup dan menyebabkan gangguan telinga yang dirasakan seperti mampet, tersumbat, berkurangnya pendengaran, bahkan rasa nyeri yang teramat sangat.

Tuba eustachius dapat diibaratkan layaknya katup pembuangan bertekanan. Saat tersumbat oleh lendir atau radang, tekanan akan meningkat yang mengakibatkan rasa nyeri serta menurunnya pendengaran.

Tekanan yang terlalu tinggi bahkan dapat menyebabkan rusaknya gendang telinga dan proses infeksi telinga tengah yang lebih parah. Oleh sebab itu, saat terkena flu ada baiknya Anda segera mengatasi telinga yang tiba-tiba mampet.

Mengatasi telinga mampet saat flu

Telinga yang mampet saat flu pastinya akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Cara utama dan paling mendasar untuk mengatasinya adalah dengan mengatasi flu yang Anda alami terlebih dahulu.

Kondisi flu yang membaik nantinya juga akan berpengaruh kepada telinga yang tersumbat. Sehingga, kondisi Anda pun akan membaik dan sembuh secara otomatis. Namun, ada satu cara yang dapat Anda coba untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat telinga yang tersumbat, yaitu dengan penguapan.

Jika telinga mampet saat flu disebabkan oleh penumpukan cairan dan lendir di tuba eustachius, maka penguapan dengan uap air hangat dapat membantu mengencerkan lendir. Dengan demikian, lendir bisa mengalir dengan lancar dan telinga pun terbebas dari sumbatan.

Agar flu lekas sembuh

Tak bisa dimungkiri flu dapat mengganggu aktivitas Anda. Agar flu yang Anda derita lekas sembuh, cobalah melakukan berbagai upaya berikut ini.

  1. Konsumsi makanan sehat

Penuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar sistem kekebalan tubuh Anda pun meningkat, terutama untuk vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar lekas membaik dan sembuh dari flu.

  1. Cukup beristirahat

Meski sibuk, tetaplah menjaga agar kebutuhan istirahat Anda terpenuhi sekitar 7-8 jam. Jika tidak, daya tahan tubuh akan semakin menurun dan flu pun tak kunjung sembuh.

  1. Olahraga secara teratur

Atur waktu untuk berolahraga secara rutin di sela-sela kesibukan Anda. Cobalah ajak teman atau keluarga Anda untuk ikut serta, sehingga lebih termotivasi untuk rutin berolahraga.

  1. Menjaga kebersihan tubuh

Melalui anggota tubuh, virus dan bakteri dapat berpindah dari satu orang ke orang yang lain, termasuk juga virus flu. Bila kebersihan tubuh tidak terjaga, maka virus akan terus menempel dan Anda pun tak kunjung pergi.

Yang jelas, bila flu disertai demam dan tak kunjung mereda dalam 5 hari, Anda patut waspada.

  1. Rajin cuci tangan

Cucilah tangan dengan cairan atau sabun antiseptik sebelum makan dan setelah beraktivitas. Mencuci tangan akan menjauhkan Anda dari bahaya virus penyebab flu.

Telinga mampet saat flu mungkin terkesan sepele. Tapi, jika dibiarkan begitu saja, bukan tak mungkin memicu penyakit lain yang lebih serius, seperti sinusitis atau radang rongga sinus. Namun, bila kondisi telinga tidak membaik meski flu sudah mereda, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624089/mengapa-telinga-terasa-mampet-saat-flu