Article

Rabu , 10 Okt 2018 09:05:30

Ini yang Harus Dilakukan Jika Si Kecil Memasukkan Benda ke Hidung

Image : http://krjogja.com/kr-admin//files/news/image_1/63087/edukatif.jpg

Mums pernah menghadapi masalah si Kecil memasukkan biji kacang, koin, atau mainan ke hidung dan enggak bisa keluar? Tentunya panik adalah reaksi yang muncul pertama kali. Benda-benda kecil yang terperangkap di rongga hidung memang menyusahkan. Semakin dikorek, ia akan semakin masuk ke dalam, bahkan bukan tidak mungkin masuk ke saluran napas si Kecil. Kalau ini yang terjadi, urusan bisa panjang.


Di masa tumbuh kembangnya, anak-anak dapat bereksplorasi dengan memasukkan benda-benda di sekitarnya ke mulut atau ke rongga hidung. Ini wajar Mums, karena dilansir dari clevelandclinic.org, kasus benda terperangkap di rongga hidung anak-anak usia 2-5 tahun cukup sering ditemukan. Nah, agar Mums tidak salah mengambil tindakan, berikut ini tips mengeluarkan benda asing dari hidung si Kecil:


Apa tanda gejala ada benda asing di hidung si Kecil?

Benda yang masuk ke hidung kadang tidak menimbulkan masalah di awal. Si Kecil yang masih belum lancar bicara juga akan diam-diam saja Mums, karena ia tidak merasa kesakitan atau terganggu pernapasannya. Adanya benda asing terperangkap di hidung bisa saja tidak sengaja ditemukan ketika si Kecil tengah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter.


Tetapi jika merasa terganggu, kadangkala si Kecil bersikap aneh, misalnya menunjuk atau mengusap hidung seperti gatal, dan dilakukan berulang-ulang. Mums harus tanggap dan mengingat-ingat apakah sebelumnya si Kecil bereksplorasi dengan mainan berukuran kecil. Jika Mums tidak yakin apakah ada benda asing di hidung si Kecil, selalu waspada jika ada gejala berikut:

- Ada bau tidak enak dari hidung di Kecil, namun hanya satu lubang hidung saja.

- Gejala mirip sinusitis, yaitu demam dan keluar lendir berwarna hijau dari hidung si Kecil.

Gejala tadi umumnya muncul jika benda asing sudah berdiam beberapa hari hingga hitungan minggu dan menyebabkan infeksi.


Tips mengeluarkan benda asing dari hidung anak

Ada benda asing yang tidak sengaja terperangkap di rongga hidung anak, bisa keluar dengan sendirinya. Biasanya bersamaan saat si Kecil bersin. Namun ada yang untuk mengeluarkannya membutuhkan bantuan Mums atau dokter, terutama jika menimpa anak yang masih sangat kecil, yang belum bisa diminta meniup hidung kuat-kuat. Untuk langkah awal mengatasinya, Mums bisa mencoba cara berikut:


1. Cukup coba satu kali saja

Jangan memaksakan untuk mengeluarkan benda asing dari hidung si Kecil setelah percobaan pertama gagal, kecuali benda tersebut membahayakan dan mengancam keselamatan si Kecil. Hal ini karena semakin dicoba dikeluarkan, anak semakin sulit diajak kerjasama dan benda semakin masuk ke dalam. Pada akhirnya diperlukan tindakan operasi untuk mengeluarkannya. Mums bisa mencoba cara yang aman dan jika tidak berhasil, bawa segera si Kecil ke dokter.


2. Gunakan metode “Ciuman Ibu”

Apa itu metode "ciuman ibu"? Metode ini disebut-sebut merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengeluarkan benda kecil dan keras yang terperangkap di hidung si Kecil. 

- Tempatkan bibir Mums di bibir si Kecil

- Tutup kedua lubang hidung si Kecil dengan jari. Tetapi jangan terlalu kencang ya Mums!

- Tiup udara ke mulut si Kecil dengan kekuatan secukupnya.


Biasanya, dengan metode ini sudah mampu mendorong benda keluar melalui lubang hidung si Kecil, tanpa bantuan dokter. Keberhasilannya mencapai 60%, lho Mums. Kecuali untuk benda yang lunak yang mudah hancur, Mums sebaiknya minta pertolongan dokter.


Karena memasukkan benda ke hidung sudah menjadi kebiasaan anak-anak, maka ada kemungkinan tidak hanya satu benda yang masuk. Periksa sekali lagi apakah masih ada benda lain yang tertinggal. Agar di lain hari si Kecil tidak mengulangi kembali “kesalahannya”, jauhkan benda-benda kecil yang berpotensi menjadi obyek untuk dimasukkan ke hidung, atau lubang telinga. Lakukan pertolongan pertama tadi, dan jika tidak berhasil, bawa si Kecil ke dokter dan jangan tunggu sampai menyebabkan infeksi.

sumber : https://www.guesehat.com/ini-yang-harus-dilakukan-jika-si-kecil-memasukkan-benda-ke-hidung