Article

Jumat , 28 Sep 2018 17:52:49

4 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Suara, Apa Saja?

Image : https://bit.ly/2xKAh6B

Ketika sedang batuk atau flu suara kita tentu akan terdengar berubah ya. Hal ini lantaran suara akan terdengar lebih parau. Hal tersebut sudah lumrah dialami bagi kalian yang flu maupun batuk.

Namun nyatanya, ketika suara kalian berubah tanda tersebut juga bisa menandakan adanya penyakit lain. Ya, tak hanya flu atau batuk ada kemungkinan lain seperti adanya penyakit yang serius.

Setidaknya ada 4 penyakit lain yang bisa dideteksi dari perubahan suara loh. Maka dari itu ada baiknya kalian harus lebih peka jika mengalami perubahan pada suara. Dikutip dari Vemale.com, berikut ini penyakit yang bisa dideteksi lewat perubahan suara.

Nodul Pita Suara

Nodul pita suara akan ditandai dengan suara yang serak karena adanya pembengkakan. Biasanya penyakit ini kerap dialami oleh mereka yang sering mengeluarkan suara keras seperti penyanyi, guru, atau dosen. Namun tak perlu khawatir, cara penyembuhannya cukup mengistirahatkan pita suara saja.

Polip hidung

Penyakit polip hidung biasanya disebabkan oleh infeksi, alergi, atau reaksi kekebalan tubuh terhadap suatu lingkungan. Polip hidung akan ditandai dengan hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, nyeri wajah, serta turunnya fungsi indera penciuman. Mereka yang mengalami polip hidung juga akan mengalami perubahan suara. Meski tidak bisa disembuhkan, polip hidung dapat dikurangi dengan steroid dan operasi jika penyakit semakin parah.

Asam Lambung

Suara kalian sering serak saat bangun tidur di pagi hari? Hati-hati, hal ini bisa menandakan kalian menderita asam lambung. Seorang peneliti dari London Medical mengemukakan bahwa asam yang keluar dari perut saat tidur akan bisa mengganggu tenggorokan sehingga pita suara menjadi bengkak dan mengubaha kualitas suara.

Kanker Laring

Sebuah penyakit serius juga nyatanya bisa diketahui lewat suara salah satunya ialah kanker laring. Kanker laring bisa ditandai dengan perubahan suara sebagai tahap awal. Suara akan menjadi serak karena ada pembengkakan di tenggorokan.

sumber : https://bit.ly/2xVY2rn