Article

Jumat , 07 Sep 2018 17:30:49

Benarkah Minuman Dingin Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan?

Image : https://www.dineout.co.in/blog/wp-content/uploads/2017/12/shutterstock_583231501-1030x538.jpg

Ketika tenggorokan mulai terasa tak nyaman atau sakit, paling enak memang minum yang hangat-hangat, misalnya saja teh herbal. Sebuah studi yang dimuat di Journal of Alternative and Complementary Medicine membuktikan efektivitas teh herbal hangat bagi sakit tenggorokan.

Teh yang dimaksud di sini tidak berfungsi sebagai obat, tetapi hanya sebagai pereda rasa sakit sementara dan pemberi rasa nyaman.

Dalam jurnal tersebut, ramuan teh herbal yang terbukti efektif terdiri dari kayu manis, slippery elm, akar licorice, adas, dan kulit jeruk manis. Teh ini disebut mampu mengurangi rasa tak nyaman di tenggorokan selama sekitar 30 menit. Kalau berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya mencampurkan teh hangat dengan jamu anti masuk angin yang dijual dalam sachet itu. Efeknya mirip dengan teh herbal versi jurnal tersebut—melegakan dan menyamankan tenggorokan yang sakit.

Namun, apakah kita hanya boleh minum yang hangat-hangat selagi sakit tenggorokan dan minuman dingin benar-benar harus dihindari? Menurut Prof. Ron Eccles dari Common Cold Centre di University of Cardiff, Inggris, minum minuman dingin saat sakit tenggorokan bukannya terlarang, bahkan ada sebagian orang yang justru merasakan sakit tenggorokannya agak mereda setelah minum yang dingin-dingin. Prof. Eccles mengatakan, minuman dingin punya efek menyejukkan bagi jaringan di tenggorokan yang meradang, sehingga pada akhirnya membantu mengurangi rasa sakit. 

Idealnya memang minum yang hangat atau suhu normal, tetapi apabila ternyata Anda malah merasa lebih baik setelah minum minuman dingin, tak masalah juga. Yang mana yang membuat Anda merasa lebih baik dan nyaman saja. Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi apapun terutama saat sakit.

sumber : https://womantalk.com/health-fitness/articles/benarkah-minuman-dingin-harus-dihindari-saat-sakit-tenggorokan-xvGme