Article

Jumat , 31 Ags 2018 18:11:39

Gejala Awal Gangguan Pendengaran

Image : https://www.pusatalatbantudengar.com/blog/front/uploads/2017/10/30-01.jpg

Sebagai indera pendengaran, telinga termasuk salah satu organ tubuh yang paling penting dalam memenuhi kebutuhan sosial manusia. Dengan telinga, kita bisa mendengar dan berkomunikasi dengan orang lain. Bayi yang belum bisa bicara pun juga terstimulasi untuk belajar berbicara dari suara dan bunyi yang ia dengar di sekitarnya. Selain itu, telinga merupakan bagian tubuh manusia yang erat kaitannya dengan keseimbangan.


Kita sudah sering mendengar bahwa telinga yang bermasalah menyebabkan keseimbangan tubuh ikut terganggu. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak menyadari secara langsung jika terjadi masalah pada telinga. Akibatnya, penanganan terhadap gangguan pendengaran yang dialami pun menjadi terlambat. Bahkan, beberapa orang memilih untuk membiarkannya saja tanpa melakukan tindakan apapun dengan asumsi bahwa tidak ada yang salah dengan pendengarannya.


Padahal, dampak dari gangguan pendengaran ini sangat luar biasa. Selain hilangnya kemampuan mendengar, hal ini juga berdampak terhadap turunnya kualitas hidup yang dimiliki. Maka dari itu,kita perlu lebih waspada dan berhati-hati lagi terhadap kondisi indera pendengaran yang kita miliki. Pada awalnya, kebanyakan dari penderita gangguan pendengaran merasa indera pendengarannya baik-baik saja karena masih mampu mendengar. Padahal, seseorang dikatakan mengalami gangguan pendengaran tidak hanya jika ia kehilangan pendegarannya sepenuhnya. Agar Anda lebih waspada, berikut ini adalah beberapa tanda awal seseorang yang mengalami gangguan pendengaran.


1. Menonton televisi dengan volume yang cukup keras

Mungkin bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran tidak akan menyadari jika volume TV yang ia tonton terdengar cukup keras dan mengganggu. Ia merasa bahwa volume suara tersebut terdengar normal dan pas untuk dirinya. Maka jika ada keluarga atau teman Anda yang berusaha mengingatkan tentang volume suara TV tersebut, ada baiknya Anda mempedulikannya. Bahkan, jangan ragu untuk segera menemui dokter THT atau audiologis yang  Anda percaya untuk memeriksakan kondisi indera pendengaran Anda. Semakin dini gangguan pendengaran terdeteksi, maka akan semakin  baik dampaknya di kemudian hari.


2. Sering salah paham ketika bercakap-cakap dengan orang lain

Jika Anda merasa sering kebingungan atau bahkan sering salah tangkap terhadap apa yang dikatakan orang lain, maka Anda perlu lebih berhati-hati lagi karena bisa jadi Anda mengalami gangguan pendengaran. Kesalahpahaman dalam memaknai pesan tersebut kemungkinan disebabkan oleh kemampuan mendengar Anda yang hilang timbul. Krena hilang dan timbul,  Anda tidak bisa mendengar pesan seutuhnya yang akhinya menyebabkan Anda sering salah dalam mengartikan pesan yang diberikan lawan bicara Anda.


3. Cenderung menghindari situasi sosial apapun

Karena merasa bahwa dirinya sering tidak berhasil mengikuti sebuah percakapan, maka orang yang mengalami gangguan pendengaran akan cenderung berusaha untuk menghindari situasi sosial apapun. Di setiap acara bersama keluarga atau teman, ia akan merasa lebih nyaman jika tidak perlu berkomunikasi dengan orang lain. Hal seperti ini tentu sangat disayangkan. Pertemuan yang jarang terjadi tersebut bukannya membuat dirinya bahagia karena bisa melepas rindu, tapi justru membuatnya semakin sedih karena merasa takut dan malu jika harus terlibat dalam percakapan di acara tersebut.


4. Sering merasa lelah dan stres

Lelah berlebihan yang dirasakan ini dikarenakan orang yang memiliki gangguan pendengaran akan memerlukan konsentrasi yang lebih dalam mendengarakan sesuatu atau ketika berkomunikasi dengan orang lain. Karena merasa energinya terkuras untuk bisa mendengarkan sesuatu namun ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan, maka hal ini pun bisa membuat stres. Stres yang berkepanjangan akan berujung pada frustasi dan depresi hingga pada akhirnya dia merasa dirinya terisolasi dari dunia luar. Hal ini merupakan salah satu dampak terburuk dari gangguan pendengaran yang dialami seseorang.

Jika Anda merasa Anda mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda awal gangguan pendengaran seperti yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya jangan tunggu lagi untuk segera menemui dokter THT atau audiologis terpercaya di kota Anda. Semakin dini penangannya, maka akan semakin baik pula hasilnya.

sumber : https://www.pusatalatbantudengar.com/blog/gejala-awal-gangguan-pendengaran/