Article

Jumat , 10 Ags 2018 17:52:24

Mendengar Lebih Baik dengan Alat Bantu Dengar

Image : https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1504585390/attached_image/memilih-alat-bantu-dengar-yang-sesuai-alodokter.jpg

Jika Anda menderita gangguan pendengaran sejak lama atau pendengaran Anda terasa semakin buruk, maka alat bantu dengar bisa menjadi solusinya. Alat bantu dengar merupakan salah satu solusi yang efektif dan paling banyak digunakan. Sudah ada jutaan penderita gangguan pendengaran yang merasa sangat terbantu oleh alat bantu dengar.

Perkembangan teknologi terkini memungkinkan Anda untuk memilih alat bantu dengar yang paling tepat dari beragam pilihan yang ada di pasaran.

Cara kerja alat bantu dengar

Alat bantu dengar merupakan perangkat elektronik kecil yang bekerja dengan memperkuat suara sehingga penggunanya bisa mendengar dengan lebih jelas. Alat bantu dengar pada umumnya digunakan baik di belakang maupun di dalam telinga. Perangkat ini terdiri dari tiga bagian yakni mikrofon, amplifier, dan speaker yang dilengkapi dengan baterai. Suara yang ditangkap oleh mikrofon diubah menjadi gelombang listrik kemudian diteruskan ke amplifier yang berfungsi untuk mengeraskan suara. Setelah itu, suara yang sudah diproses tersebut kemudian dilepaskan oleh speaker ke dalam telinga sehingga pengguna mampu mendengar.

Berapa harga alat bantu dengar?

Harga tiap alat bantu dengar berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pendengaran penggunanya. Ada berbagai macam model dan desain yang inovatif dilengkapi dengan teknologi terbaru yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki gangguan pendengaran, baik yang dipakai di belakang telinga maupun di dalam telinga. Berikut ini adalah jenis-jenis alat bantu dengar yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan gangguan pendengaran.

1. In The Ear (ITE)

Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar ITE terletak di dalam telinga. Letaknya yang ada di dalam telinga membuat alat bantu dengar jenis ini cukup nyaman untuk digunakan karena tidak terlihat dari luar saat sedang digunakan. Selain itu, didalam alat bantu dengar ITE juga terdapat telecoil berupa kumparan magnet kecil yang akan sangat membantu ketika penggunanya sedang melakukan panggilan telepon. Alat bantu dengar ITE dapat digunakan oleh penderita dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang. Kelebihan dari alat ini terletak pada ukurannya yang kecil. Untuk kekurangannya, tentu saja dengan ukuran yang nyaman seperti itu maka harga yang ditawarkan pun relatif lebih mahal dan tidak disarankan untuk digunakan oleh anak-anak.

2.      Behind The Ear (BTE)

Alat bantu dengar ini digunakan pada bagian belakang telinga dan dihubungkan dengan sebuah cetakan telinga (earmold) yang terpasang di telinga luar. Suara atau bunyi yang ada di sekitarnya akan disalurkan melalui earmold untuk diteruskan ke dalam telinga. Tipe BTE ini adalah alat bantu dengar yang paling banyak digunakan karena sesuai untuk segala usia –baik dengan derajat gangguan pendengaran ringan, sedang, maupun berat. Apalagi saat ini sudah tersedia mini BTE dengan ukuran yang lebih kecil sehingga memberikan kenyamanan yang lebih saat digunakan. Selain itu alat bantu dengar BTE juga sangat mudah untuk didapatkan. Alat bantu dengar BTE juga memiliki beberapa kelemahan seperti menimbulkan distorsi atau feedback saat menelepon akibat sinyal yang ada dan mudah lepas atau jatuh saat digunakan ketika melompat atau berlari.

3. In The Canal (ITC)

Tipe ITC ini berbentuk lebih kecil dari tipe ITE. ITC ini dipakai di dalam saluran telinga. Untuk model ITC, casing alat ini dibuat sesuai dengan ukuran dan bentuk liang telinga pengguna. Itulah mengapa ukurannya pun relatif lebih kecil. Bentuknya yang kecil membuat alat ini hampir tidak terlihat dari jauh saat digunakan karena letaknya yang berada di ujung lubang telinga dan warnanya yang menyerupai kulit. Tipe ITC ini hanya dapat digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga sedang dan tidak disarankan penggunaannya untuk anak-anak karena liang telinga anak masih terus mengalami perkembangan.

4. Completely In Canal (CIC)

Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar tipe ini benar-benar terletak di bagian dalam saluran telinga sehingga sama sekali tidak terlihat dari luar. Karena berada di dalam liang telinga, maka ukuran tipe CIC pun juga lebih kecil dari pada tipe ITC. Mungkin Anda penasaran bagaimana memasang dan melepas tipe CIC dengan bentuk yang sekecil itu. Untuk itulah, pada tipe CIC ini terdapat tangkai kecil seperti antena yang berfungsi untuk memudahkan pemasangan dan pelepasannya. Dengan keunggulan seperti di atas, maka bisa diperkirakan bahwa harga alat bantu dengar untuk tipe CIC ini lebih mahal dibandingkan tipe-tipe lainnya. Selain itu, kotoran telinga dan kelembaban juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada alat yang satu ini. Padahal, biaya perbaikan yang dikeluarkan bisa hampir setara dengan harga pembelian alat yang baru. Mereka yang dapat menggunakan alat bantu dengar tipe CIC adalah penderita dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

5. Receiver/Speaker In The Ear (RITE) atau Receiver/Speaker In Canal (RIC)

Sekilas, bentuk RITE / RIC ini hampir sama dengan tipe BTE. Jika receiver/speaker pada tipe BTE berbentuk tabung, tipe RITE/RIC hanya menggunakan kabel yang cukup tipis yang berguna untuk mengurangi distorsi. Jadi pada tipe ini, speaker/receiver terletak di dalam telinga atau di dalam saluran telinga yang selanjutnya dihubungkan oleh kabel kecil tersebut ke mesin alat bantu dengar yang terletak di belakang telinga. Dibandingkan dengan BTE, tipe ini lebih tidak terlihat ketika digunakan. Tipe RITE/RIC ini dapat digunakan oleh penderita gangguan pendengaran dengan tingkatan ringan hingga sedang.

sumber : https://www.pusatalatbantudengar.com/blog/mendengar-lebih-baik-dengan-alat-bantu-dengar/