Article

Jumat , 27 Jul 2018 17:20:10

Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Image : http://doktersehat.com/wp-content/uploads/2018/05/doktersehat-hidung-bayi-tersumbat.jpg

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga kadang mengalami hidung tersumbat saat sedang mengalami pilek atau flu. Terkadang situasi ini membuat orang tua khawatir karena bayi menjadi susah tidur dan rewel. Bagaimana mengatasinya?

Penyebab hidung tersumbat pada bayi

Hidung tersumbat pada bayi dapat membuat bayi rewel karena ia tidak bisa menunjukkan apa yang ia rasakan padahal hidungnya terasa sangat tidak nyaman. Umumnya hidung tersumbat pada bayi disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh anak yang belum berkembang sehingga mudah terinfeksi virus. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter.

Mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Sebelum memeriksakan si kecil ke dokter, Anda bisa memberinya penanganan pertama dengan cara berikut ini:

1. Menjemur bayi saat pagi hari

Menjemur bayi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga mampu melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Tidak perlu menjemur bayi terlalu lama, cukup 10 menit saja setiap hari dan lakukan di saat sinar matahari tidak terlalu terik. Waktu yang disarankan untuk menjemur bayi adalah sebelum pukul 9 pagi.

2. Gunakan penyedot ingus

Menyedot ingus bayi merupakan salah satu cara yang paling cepat untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Hindari menggunakan mulut untuk mengeluarkan lendir, namun gunakan alat isap cairan hidung (aspirator) atau sejenis pipet kecil. Sebelum menyedot cairan ingus, Anda bisa meneteskan cairan saline atau air garam yang dijual di apotik untuk diencerkan dan memudahkan ingus keluar.

3. Beri pijatan pada bayi

Pijatan pada dada bayi dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Saat memijat, Anda bisa menggunakan balsam khusus untuk dada bayi yang dapat membantu mengencerkan lendir. Balsam ini bisa Anda dapatkan di toko perlengakapan bayi ataupun apotek.

4. Memandikan bayi dengan air hangat

Jika bayi umumnya mandi dengan air bersuhu suam-suam kuku, Anda bisa meningkatkan suhu air mandinya namun hindari suhu air terlalu panas. Saat mandi, Anda bisa menambahkan durasi berendam lebih lama untuk membantu mengencerkan lendir.

sumber : http://doktersehat.com/mengatasi-hidung-bayi-tersumbat/